Jumat, 07 Maret 2014

About : System of a Down (1)





System Of A Down adalah sebuah band rock dari Los Angeles, Amerika Serikat. Keempat anggota band System of a Down merupakan keturunan etnis Armenia. Tankian dan Dolmayan lahir di lebanon

Lagu-lagu mereka terutama terkenal selain gayanya yang inovatif, dengan sentuhan musik  Armenia. Selain itu isinya juga berisikan ide, pandangan-pandangan,dan apa yang mereka rasakan. Serj Tankian sebagai anggota yang cukup menonjol, memaparkan ide-ide politiknya dalam lagu-lagu SOAD. Mulai dari kampanye rekonisi terhadap Genosida Armenia oleh pemerintah Turki yang terus mereka usung, hingga masalah sosial-politik seperti konsumerisme, perang, globalisasi, lingkungan, dan kekerasan. Selain itu, mereka menulis lagu tentang perubahan atau transformasi pemikiran mereka.




Pada Tahun 1922 -1994, Serj Tankian, Daron Malakian, dan Shavo Odadjian semua dihadiri Sekolah Rose dan Alex Pilibos Armenia sementara anak-anak, meskipun karena delapan tahun perbedaan usia mereka mereka tidak memenuhi sampai 1992 saat bekerja pada proyek-proyek terpisah di studio rekaman yang sama.  Mereka membentuk band bernama SOIL dengan Tankian pada vokal dan keyboard, Malakian pada vokal dan gitar, Dave Hakopyan (yang kemudian bermain di The Apex Theory / Mt. Helium ) pada bass dan Domingo "Dingo" Laranio pada drum. Band ini menyewa Shavo Odadjian (lain Rose dan Alex alumni Pilibos) sebagai manajer, meskipun ia akhirnya bergabung sebagai gitaris ritme Tanah. Setelah tiga tahun, hanya satu pertunjukan live, dan satu rekaman sesi selai, Hakopyan dan Laranio keluar dari band, merasa bahwa itu tidak akan berhasil. 

Sebuah Majalah terkenal pernah menulis artikel tentang band ini dengan judul "Band Keras Anti Kekerasan". Pemikiran Serj cukup di pengaruhi oleh pengamat politik kiri AS Noam Chomsky. Serj Tankian bersama Tom Morello mantan gitaris Rage Against The Machine mendirikan LSM Politik dengan nama Axis of Justice (nama LSM ini merupakan plesetan sarkastis dari salah satu pidato Presiden AS yang menyebut 3 negara sebagai Axis of Evil).

System of a Down menawarkan kepada pendengar gaya musik yang terbilang "out of the box". Musik yang mereka tawarkan memiliki banyak sekali unsur, mulai dari musik etnis (khususnya timur tengah), rock, ska, reggae, blus, funk, metal, dan nu-metal. Secara umum, kita dapat mengkategorikan musik mereka kedalam genre besar "Metal". Dalam lagu-lagu SOAD unsur "Metal" bukanlah konten utama dalam lagu-lagu mereka, melainkan sebagai wadah yang menyatukan unsur-unsur lain yang membuat musik mereka terdengar begitu kaya nuansa. Metal yang ditawarka SOAD terbilang sangat baru, bahkan bagi industri musik sebesar Amerika.

Setelah SOIL berpisah, Tankian, Odadjian, dan Malakian membentuk band baru bernama System of a Down. Kelompok ini mengambil namanya dari sebuah puisi yang Malakian tulis yang berjudul "Victims of a Down". Kata "Victims" diubah menjadi "System" karena Odadjian percaya bahwa perubahan itu akan menjangkau cakupan yang lebih luas dan juga karena mereka ingin di sejajarkan dengan dengan idola mereka, Slayer. Odadjian beralih dari gitar ke bass dan diteruskan tugas manajerial untuk Musik Velvet Hammer dan Management Group dan pendiri David "Beno" Benveniste. The Band merekrut drummer Ontronik "Andy" Khachaturian , seorang teman sekolah lama yang Malakian dan itu Odadjian yang bermain dengan Malakian di sebuah band bernama Snowblind selama remaja mereka. 
System of a Down cepat melakukan apa yang dikenal sebagai Untitled 1995 Demo Tape, yang tidak dirilis secara komersial tetapi muncul di jaringan file sharing yangmembawa kesuksesan band dengan "Toxicity" sekitar enam tahun kemudian. Demo 2 dirilis pada tahun 1996. Pada awal 1997, System of a Down merekam lagu mereka dengan tujuannya untuk dirilis ke publik, Tape Demo 3. Pada pertengahan tahun 1997, drummer Khachaturian meninggalkan band karena cedera tangan (ia kemudian ikut mendirikan The Apex Theory, yang termasuk mantan bassis Dave Soil Hakopyan).  Khachaturian digantikan oleh John Dolmayan. 
Rilis resmi pertama dari band ini adalah pada album disebut Hye Enk ("kami Armenia" dalam bahasa Indonesia), sebuah kompilasi pengakuan Genosida Armenia, pada tahun 1997. Segera setelah bermain di klub-klub di Hollywood terkenal seperti Whisky-A-Go-Go dan Viper Room band ini menarik perhatian produser terkenal Rick Rubin yang meminta mereka untuk tetap berhubungan dengan dia. Melihat peningkatan dari band tersebut, mereka merekam Demo Tape 4 sebelum akhir 1997. Tidak seperti kaset demo sebelumnya, bagaimanapun, Demo 4 Tape dibuat hanya untuk dikirim ke perusahaan rekaman (meskipun sejak saat itu telah bocor ke internet). Rubin menandatangani System of a Down Amerika / Columbia Records , dan System of a Down mulai merekam di studio Rubin, meletakkan lagu yang akhirnya akan dirilis pada album debut mereka.
Juga pada tahun 1997, kelompok memenangkan Penghargaan Best Band Diisi dari Rock City Awards.



Oke, sampai disini dulu pembahasan tentang System of a Down nya. Masih banyak lagi yang bakal di bahas di entri selanjutnya. Masa nya mereka di tahun 1998 sampai mereka bubar dan melakukan reuni kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar