Kamis, 06 Maret 2014

About Popping





Pada entri sebelumnya, saya telah membahas tentang breakdance walaupun belum semuanya yang saya bahaskan. Nanti dilain waktu bakal saya jelasin lagi tentang breakdance.
Pada entri ini saya bakal menjelaskan apa itu popping dance, sejarah dari popping dance.

Dari pengertiannya Popping itu adalah tarian jalanan dan merupakan salah satu gaya funk asli yang datang dari California selama tahun 1960 -70'an. Hal ini didasarkan pada teknik pergerakan yang cepat dan relaksasi otot menyebabkan "jerk" dalam tubuh penari itu, yang disebut sebagai pop atau hit. Hal ini dilakukan terus menerus dengan irama lagu dalam kombinasi dengan berbagai gerakan dan pose.




Pada tahun 1960 selama revolusi musik dengan semua perubahan dalam bisnis musik tarian yang disebut " The Robot " yang ciptakan oleh penari yang dipengaruhi dari menonton film tentang Robots . Tarian ini menjadi terkenal oleh seorang penari bernama Bill " The Robot " Williams anggota dari Lockers Crew. Pada saat itu dikenal sebagai "Locking".

Pada pertengahan 70-an di Fresno California seorang penari muda bernama Sam Salomo menciptakan tarian yang disebut "Electric Boogaloo" . Hari ini tarian ini dikenal dengat sebutan "Boug Style Popping" yang telah disempurnakan oleh Sam Salomon sendiri dan saudaranya Pete ( Kemudian dikenal sebagai Popping Pete ) dan kemudian gerakannya ditambahkan oleh beberapa anggota kru Sam ( The Boogaloos Electric) . Sam berpikir bahwa ia telah menciptakan gaya baru dari Locking dari menonton Lockers pada sebuah acara TV bernama Soul Train dan terinspirasi oleh Bill " The Robot " . Dia bahkan menamai Crew pertamannya dengan sebutan "Electric Boogaloo Lockers " . 

Popping diciptakan oleh penari yang ingin terlihat tangguh seperti gangster di Los Angeles dan Oakland ketika mereka menari . Popping ditandai dengan gerakan tersentak-sentak akibat meregangkan otot-otot di bagian tubuh . Ketika penari Muncul mereka akan bergumam " Pop , Pop " setiap kali mereka tertekuk sehingga menjadi dikenal sebagai Popping . Menekan (Hitting) adalah istilah yang digunakan ketika meregangkan otot-otot lebih keras dan tiba-tiba seolah-olah mencoba untuk menakut-nakuti seseorang.


 

Biasanya , pops ( atau hits ) dilakukan secara serempak dengan ketukan musik , tetapi Popper juga dapat memilih untuk pop ke unsur-unsur lain dari lagu tersebut , atau pop dua kali atau setengah kecepatan irama . Untuk transisi antara pose , kebanyakan popper menggunakan teknik yang disebut dime stopping , common in robot dancing , yang pada dasarnya berarti untuk mengakhiri gerakan dengan mendadak berhenti. Untuk membuat variasi , popper sering mengkombinasikan gaya lain juga , seperti melambaikan tangan atau tutting , yang menciptakan kontras dengan popping itu sendiri.


 Untuk musik sendiri, poppers biasanya menggunakan musik di era 70'an, dimana pada masa itu adalah masa "Funk". Popping biasanya juga menggunakan musik  disco juga dengan beat yang tidak terlalu berantakan.

Salah satu popperyang saya sukai yaitu popper John.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar