Rabu, 05 Maret 2014

About Breakdance

kali ini saya bakal ngebahas tentang breakdance, Secara saya juga BBoy yang telah lumayan lama berkecimpung di dunia tarian ini. Saya bakal menjelaskan asal - usul breakdance itu seperti apa,sejarah dari breakdance itu sendiri dan pengertian dari breakdance itu sendiri, dan lain - lain nya bakal dijelaskan disini. 



Sebelumnnya saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu, nama saya fathan dzil, biasa dipanggil dengan kedua nama tersebut, di dunia breakdancing saya biasa dipanggil zeal, dzill, atau bboy zeal. Saya mengenal tarian breakdance ini sejak saya masih sekolah di smp, dulu nya hanya sekedar tahu bahwa 'itu' breakdance, tetapi belum sempat nyobain gimana cara dance seperti yang sering saya liat, dan akhirnya kesampaian juga pas saya sekolah di sma sewaktu di sekolah saya ada ekskul breakdance dan berujung sampai sekarang, walaupun gue bisa dibilang 'jarang' latihan. :|

Oke... basa - basi nya udah cukup, sekarang saya bakal ngelanjutin tentang asal usul, sejarah breakdance, dan apa sih yang dimaksud dengan breakdance itu sendiri.

Breakdance itu sendiri adalah gaya tari jalanan yang muncul sebagai bagian dari gerakan hip hop di antara African American dan anak muda dari Puerto Rico yang dilakukan di bagian selatan New York City pada tahun 1970. Pada Umumnya tarian ini diiringi lagu hip hop,rap, atau lagu remix (lagu yang di aransemen ulang).  Breakdance juga merupakan salah satu dari unsur hip hop karena hip hop memiliki beberapa unsur yang terdapat didalam nya,, antara lain MC (Rapper), DJ (Disc Jockey), Breakdance (B-boy dan B-girl), Graffiti.

Breakdance ditemukan pada tahun 1970'an oleh James Brown. Dulunya breakdance bernama ' Good Foot' dan setelah sekian lama nama itu pun berubah menjadi breakdance. Oya,Michael Jackson juga merupakn orang yang mendorong pertumbuhan Breakdance. Michael Jackson mulai memperkenalkan robot dance atau gerakan yang menyerupai robot pada lagu-lagu yang dibawakannya pada tahun 1974 di penampilan perdananya di televisi.



Sayangnya pada tahun 1977 perkembangan breakdance mulai memudar dan tidak terdengar lagi.Pada tahun 1990 breakdance kembali mulai terdengar dengan B-boy generasi terbaru.Breakdance datang kembali dengan gerakan-gerakan/moves baru seperti backspins dan windmills.Popularitas film-film Kung Fu seperti Bruce Lee juga banyak memberikan pengaruh pada moves-moves breakdance sebut saja seperti moves ” chinese ” dan tidak hanya Kung Fu,Capoera pun juga memberikan pengaruh pada moves breakdance.
Pada tahun 1983 terdapat film yang pertama kali membahas breakdance yaitu Flashdance.
Istilah ” B-boying ” berubah menjadi ” Breakdance ” dan menjadi sangat populer oleh media.

 
Banyak orang berpendapat bahwa the godfather nya Breakdance adalah James Brown karena gaya menari yang dia tunjukkan banyak membuat kagum orang banyak.Dan musik-musik Breakdance atau biasa disebut Break Beats banyak yang terpengaruh oleh musik James Brown.


Pada tahun 1970, Kota Los Angeles dan New York menjadi awal kelahirannya breakdance.Di New York ada DJ Herc,DJ Hip Hop pertama.Pionir B-boy di new york dan L.A adalah para geng yang mempertahankan diri dari serangan lawan.Karena itu banyak moves yang memperlihatkan keagresifan dan kekerasan selama di tahun ini.Sebagai contoh ” Up Rock ” terlihat sperti gerakan Kung Fu. Uprock merupakan salah satu bagian/gerakan pertama di Breakdance.Dari Uprock kemudian menyebar menjadi moves-moves baru.Ketika banyak anak-anak muda banyak yang mulai melakukan breakdance, ini menjadi salah satu faktor cepatnya berkembang breakdance dan dengan breakdance mereka bisa mendapatkan uang dari penampilan mereka. Seiring berjalannya waktu banyak B-boy yang melakukan ” Battle ” yaitu kompetisi antar tim/crew bisa jadi 1 on 1,3 on 3 atau 5 on 5,Sayangnya,media ketika itu mengidentikkan Hip-Hop dengan citra negatif seperti kekerasan,kriminal dan tukang buat masalah.Para dancer lokal New York memiliki tarian yang lebih halus yang dinamakan Popping,yang masih eksis hingga sekarang.Yang akhirnya populer di dalam disko dan pada tahun 1970.Pada waktu itu dinamakan The Robot.

Setalah menjalani tahun - tahun yang kelam, dimana kabar dari tarian breakdance itu sendiri hilang entah kemana, Pada tahun 1990 salah satu komunitas breakdance menaikan kembali nama breakdance dengan sebuah event yang bernama Battle Of The Year (BOTY). 





BOTY pertama kali dipertunjukan pada tahun 1990. BOTY ingin menunjukan kepada publik bahwa breakdance masih ada dan banyak berubah. Breakdance bukan sebuah sekedar mode untuk mencari atau memanfaatkan sesuatu.
Pada awalnya respon breakdance sangat kecil,sekitar 500-600 penonton yang menghadiri pertunjukan BOTY.tapi makin lama,kegiatan ini mulai dilirik dan dikenal oleh komunitas breakdance disemua manca negara. Dan semakin banyak pula komunitas disemua negara yang mengikuti kompetisi ini. Tujuannya adalah menunjukan bahwa tarian ini adalah budaya tingkat tinggi. 




  






Tidak ada komentar:

Posting Komentar