Jumat, 21 Maret 2014

About : Autodesk Maya


Autodesk Maya, adalah perangkat lunak komputer grafis 3D yang berjalan pada Windows, Mac OS dan Linux, awalnya dikembangkan oleh Alias ​​Systems Corporation (sebelumnya Alias ​​| Wavefront) dan saat ini dimiliki dan dikembangkan oleh Autodesk, Inc Hal ini digunakan untuk membuat aplikasi 3D interaktif, termasuk video game, film animasi, serial TV, atau efek visual. Produk ini dinamai Sansekerta kata Maya (माया Maya), konsep Hindu ilusi.

DEVELOPMNET
Maya awalnya produk animasi-generasi berikutnya berdasarkan kode dari Advanced Visualizer oleh Wavefront Technologies, PowerAnimator oleh Alias ​​Research, Inc, dan Alias ​​Sketch!. Kode porting ke IRIX dan fitur animasi yang ditambahkan, codename proyek port adalah Maya Walt Disney Feature Animation berkolaborasi erat dengan pembangunan Maya selama produksi dari Dinosaur.Disney meminta agar User interface dari aplikasi akan disesuaikan sehingga alur kerja pribadi bisa dibuat. Ini adalah pengaruh tertentu dalam arsitektur terbuka Maya, dan ikut bertanggung jawab untuk itu menjadi begitu populer di industri.

Setelah Silicon Graphics Inc mengakuisisi kedua Alias ​​dan Wavefront Technologies, Inc, generasi teknologi Wavefront yang (kemudian di bawah pengembangan) dilebur ke dalam Maya. . Akuisisi SGI merupakan tanggapan terhadap Microsoft Corporation mengakuisisi Softimage, Co The anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki baru bernama "Alias ​​| Wavefront".

Pada hari-hari awal pengembangan, Maya dimulai dengan Tcl sebagai bahasa scripting, dalam rangka untuk meningkatkan kesamaannya dengan bahasa shell Unix. Tapi setelah merger dengan Wavefront, Sophia, bahasa scripting di Wavefront yang Dynamation, terpilih sebagai dasar MEL (Maya Embedded Language).

Maya 1.0 dirilis pada Februari 1998. Setelah serangkaian akuisisi, Maya dibeli oleh Autodesk pada tahun 2005. Di bawah nama perusahaan induk baru, Maya diubah namanya Autodesk Maya. Namun, nama "Maya" terus menjadi nama dominan yang digunakan untuk produk.



OVERVIEW
Maya adalah aplikasi yang digunakan untuk menghasilkan aset 3D untuk digunakan dalam film, televisi , pengembangan game dan arsitektur . Perangkat lunak ini awalnya dirilis untuk sistem operasi IRIX . Namun, dukungan ini dihentikan pada bulan Agustus 2006 setelah rilis versi 6.5 . Maya tersedia di kedua " lengkap " dan " tak terbatas " edisi sampai Agustus 2008 , ketika itu berubah menjadi suite tunggal.

Pengguna mendefinisikan ruang kerja virtual ( adegan ) untuk menerapkan dan mengedit media suatu proyek tertentu . Adegan dapat disimpan dalam berbagai format , default makhluk . Mb ( Maya Binary ) . Maya memperlihatkan arsitektur grafik simpul . Unsur adegan -node yang berbasis , setiap node memiliki atribut dan kustomisasi sendiri . Akibatnya , representasi visual dari adegan didasarkan sepenuhnya pada jaringan interkoneksi node , tergantung pada informasi satu sama lain . Untuk kenyamanan melihat jaringan ini , ada ketergantungan dan grafik asiklik diarahkan.

Pengguna yang siswa, guru ( veteran atau pengangguran ) dapat men-download versi pendidikan penuh dari masyarakat Autodesk Education . Versi yang tersedia di masyarakat hanya berlisensi untuk penggunaan komersial non ( sekali diaktifkan dengan lisensi produk ) dan beberapa produk membuat watermark pada output merender . Software ini telah dilengkapi dengan lisensi 36 bulan penuh . Setelah berakhir , pengguna dapat masuk ke masyarakat untuk meminta lisensi 36 bulan baru dan men-download produk terbaru Autodesk .

Selain itu , perpetual student license dapat dibeli untuk Maya . Lisensi ini tidak berakhir dan versi mahasiswa dapat ditingkatkan ke versi komersial dengan diskon yang signifikan . Hal ini dapat digunakan bahkan setelah siswa lulusan , satu-satunya pembatasan menjadi penggunaan non komersial . Tidak ada watermark diciptakan selama output , membuat versi mahasiswa Maya cocok untuk pembuatan portofolio . Namun, file yang disimpan dengan versi ini diakui oleh semua versi Maya sebagai file yang dibuat oleh versi mahasiswa . Perpetual Student License juga memungkinkan penciptaan aset non komersial untuk penggunaan non komersial dalam mesin game seperti Unreal Development Kit.

COMPONENT

Fluid Effects
Sebuah simulator cairan realistis berdasarkan disederhanakan , mampat persamaan Navier - Stokes untuk simulasi cairan non - elastis . Hal ini efektif untuk asap , api , awan dan ledakan , serta banyak efek cairan kental seperti air , magma atau lumpur . ditambahkan dalam Maya 4.5 .

Classic Cloth
Sebuah alat simulasi Cloth dinamis mengatur memanfaatkan pola planar berbasis alur kerja terinspirasi oleh proses yang digunakan untuk merancang pola garmen dunia nyata . Dalam produksi modern, modul Maya Kain sebagian besar telah digantikan oleh lebih cepat , sistem nCloth lebih fleksibel diperkenalkan dalam versi 8.5 . Sebelum ini , plugin pihak ketiga , terutama Syflex , umumnya lebih disukai untuk kinerja yang unggul , stabilitas simulasi dan pemodelan poligon mereka alur kerja sudah akrab bagi seniman 3D berbasis.

Fur
Simulasi Fur dirancang untuk cakupan area yang luas dari rambut pendek dan bahan rambut seperti . Hal ini dapat digunakan untuk mensimulasikan benda - bulu seperti pendek , seperti rumput , karpet, dll Berbeda dengan Maya Rambut , modul Fur tidak akan mencoba untuk mencegah rambut -to - rambut tabrakan . Rambut juga mampu bereaksi secara dinamis kekuatan fisik pada per rambut dasar . Efek fisika seperti yang dicapai melalui efektor bulu dekatnya yang mendekati efek kekuatan fisik rata-rata lebih folikel dekatnya.

nHair
Simulator Hair mampu mensimulasikan kekuatan dinamis yang bekerja pada rambut panjang dan tabrakan per - rambut. Sering digunakan untuk mensimulasikan gaya rambut manusia komputasi kompleks termasuk ekor kuda , perms dan kepang . Simulasi menggunakan NURBS Curves sebagai dasar yang kemudian digunakan sebagai stroke untuk Efek Cat sikat sehingga memberikan kurva render waktu representasi permukaan - seperti itu dapat berinteraksi dengan cahaya dan bayangan . Sebuah simulasi pada kurva sendiri untuk yang lain , tujuan non - rambut ( seperti tabung fleksibel , kabel , tali , dll ) sering dikenal hanya sebagai Curves Dinamis.

Maya Live
Satu set alat pelacakan gerak untuk CG cocok untuk rekaman piring bersih . Ini sebagian besar telah usang oleh MatchMover.

nCloth
Ditambahkan dalam versi 8.5 , nCloth adalah implementasi pertama dari Maya Inti , kerangka simulasi Autodesk . nCloth menyediakan artis dengan kontrol rinci kain dan bahan simulasi . Dibandingkan dengan pendahulunya Maya Cloth , nCloth adalah lebih cepat , kerangka simulasi yang lebih fleksibel dan lebih kuat.

nParticle
Ditambahkan dalam versi 2009, nParticle adalah addendum Maya Inti toolset . nParticle adalah untuk mensimulasikan berbagai efek 3D yang kompleks , termasuk cairan , awan , asap , semprot , dan debu . nParticles lebih fleksibel daripada sistem partikel sebelumnya Maya di nParticles yang dapat digunakan untuk mensimulasikan cairan kental serta mendukung benar partikel - to- partikel tabrakan . nParticles juga berinteraksi dengan sisa kerangka simulasi Inti tanpa perlu mahal pekerjaan - arounds dan scripting custom.

MatchMover
Ditambahkan Maya 2010, ini memungkinkan compositing elemen CGI dengan data motion dari video dan film urutan , proses yang dikenal sebagai Pertandingan bergerak atau pelacakan kamera . Ini merupakan program eksternal tetapi dikirimkan dengan Maya.

Composite
Ditambahkan Maya 2010, ini sebelumnya dijual sebagai Autodesk Toxik . Ini merupakan program eksternal tetapi dikirimkan dengan Maya.

Camera Sequencer
Ditambahkan di Autodesk Maya 2011, Kamera Sequencer digunakan untuk tata letak beberapa jepretan kamera dan mengelola mereka dalam satu urutan animasi.


Maya Embedded Language

Di samping alur kerja visual lebih diakui, Maya dilengkapi dengan cross-platform bahasa scripting, yang disebut Bahasa Maya Tertanam. MEL disediakan untuk scripting dan sarana untuk menyesuaikan fungsi inti dari perangkat lunak, karena banyak alat-alat dan perintah yang digunakan ditulis di dalamnya. Kode dapat digunakan untuk insinyur modifikasi, plug-in atau disuntikkan ke dalam runtime. Di luar ini menggunakan dangkal bahasa, interaksi pengguna dicatat dalam MEL, yang memungkinkan bahkan pengguna berpengalaman untuk mengimplementasikan subrutin. Informasi scene sehingga dapat dibuang, ma ekstensi., Diedit luar Maya di editor teks apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar