Minggu, 23 Maret 2014

Definisi : Image



Image adalah representasi grafis dan visual dari beberapa informasi yang dapat ditampilkan pada layar komputer atau dicetak.

Bentuk – bentuk image       

Image terbagi dalam beberapa bentuk , seperti :

-       Fotografi

-       Gambar

-       Lukisan

-       Televisi

-       Gambar gerak

-       Peta, dan lain - lain.

Perananan Image

Image berperan penting dalam dunia multimedia, diantaranya :

-       Navigasi

-       Komponen antarmuka pengguna

-       Bantuan Sistem

-       Clip art

Raster/Bitmap Image

a.

    Raster Image

Raster Image adalah gambar yang terbentuk dari titik – titik warna yang memiliki kedalaman warna dan kerapatan tertentu antara satu titik dengan titik lainnya. Titik – titik warna tersebut biasa disebut dengan Pixel. Pixel adalah elemen terkecil dari resolusi di layar komputer (Screen Resolution).

Macam – macam raster image :

1.      Microsoft bitmap (.bmp)

      Digunakan di Microsoft windows

2.      TIFF – Tagged Image File Format (.tif)

      Digunakan untuk faxing images (lebih banyak digunakan untuk yang lain)

3.      JPEG – Joint Photographic Expert Group (.jpg)

      Berguna untuk menyimpan gambar foto

4.      GIF – Graphics Interchange Format (.gif)

      Banyak digunakan pada situs web

5.      PNG – Portable Network Graphics (.png)

      Format baru untuk web grafis

6.      PCD – Kodak Photo CD

      Format baru untuk menyimpan gambar dalam dikompresi dari pada CD

Kelebihan dan kekurangan raster image :

Kelebihan:

-       Menyampaikan detail informasi dengan cepat

-       Kehidupan nyata

 Kekurangan

-       Tergantung pada resolusi

-       Berpengaruh terhadap kualitas sebuah gambar

-       Ukuran file tersebut menjadi besar

Software yang mendukung raster image       

1.      Adobe Photoshop

2.      Adobe Fireworks

3.      Corel Paint shop pro

4.      microsoft paint

5.      microsoft photodraw

6.      Open canvas

b.      Bitmap Image

Gambar bitmap adalah rekonstruksi dari gambar asli dan disimpan sebagai rangkaian pixel (titik - titik) yang memenuhi bidang monitor. Resolusi dan kualitasnya bergantung pada gambar asli.

Vektor/Metafile Image

Gambar jenis vektor tidak disimpan sebagai gambar berbasis pixel, tetapi sebagai rangkaian instruksi algortima kurva, garis (arah dan ukurannya) serta warna dan berbagai bangun lainnya.Vektor gambar menyimpan set grafik primitif yang diperlukan untuk mewakili gambar.



Sebuah primitif grafis adalah grafis sederhana berdasarkan gambar elemen atau objek seperti bentuk persegi, garis, elips, busur, dll. Gambar terdiri dari satu set perintah (persamaan matematika) yang ditarik objek bila diperlukan.

Bentuk Primitive geometric drawing :

1.      Basic : Line, Polyline, arc, Bezier curve

2.      Text : font, weight

3.      Shapes : Circle, ellipse, rectangle, square, pie segment, triangle, pentagon dll

Macam-macam format vektor image:

1.      Windows Metafile (.wmf)

2.      SVG – Scalable Vector Graphics (.svg)

3.      CGM – Computer Graphics Metafile (.cgm)

4.      Adobe Postscript (.ps)

5.      Adobe Portable Document Format (.pdf)

6.      Drawing Exchange Format (.dfx)

7.      Encapsulated Postscript (.enf)

Kelebihan dan kekurangan vektor image

Kelebihan     

-       Tidak memerlukan banyak memori untuk menyimpan

-       Lebih mudah untuk memanipulasi

Kekurangan  

-       Tingkat keterbatasan detail terlihat pada gambar

Software yang mendukung vektor image

1.      Adobe Flash

2.      Adobe Illustrator

3.      Adobe Freehand

4.      Microsoft Silverlight

Perbedaan Tipe Compression Image

a.      Lossless compression

Adalah salah satu dari tipe compression image dengan cara memodifikasi data yang terorganisir atau diwakili untuk mengurangi ukuran penyimpanan.


 

Lossy compression

Cobalah untuk memaksimalkan kompresi tanpa kehilangan jelas bagi pengguna manusia. Hapus detail selama kompresi. Kompresi diulang menyebabkan kerugian dalam kualitas.

c.       Warna

Warna adalah komponen penting multimedia. Manajemen warna baik subjektif dan teknis dilihat dari beberapa tahap. Memilih warna yang tepat dan kombinasi warna untuk proyek dapat melibatkan percobaan sampai Anda merasa hasil yang tepat.

d.      Memahami alam dan warna cahaya

Cahaya berasal dari sebuah atom ketika sebuah elektron berpindah dari yang lebih tinggi ke tingkat energi yang lebih rendah, sehingga setiap atom menghasilkan warna unik yang spesifik.

e.       Graphics

Graphics adalah salah satu perangkat yang digunakan untuk membuat gambar dan mendesain aplikasi multimedia.

f.        Model 3 – Dimensional Graphics

Sebuah variasi dalam format vector yang berguna sebagai spesifikasi dalam koordinat x, y,dan z. Model 3D graphics ini dapat ditemukan dalam bentuk kubus, balok, pyramid, dll.

g.      Image Hardware

o   Hardware untuk menangkap/memindahkan image

§  Scanner

Adalah alat atau perangkat keras yang digunakan untuk memindahkan image atau gambar dari hardware lain sehingga dapat dilihat atau disimpan dalam komputer. Kegunaan scanner adalah untuk cek resolusi optimal dari gambar.

Bentuk scanner :

–              Drums

–              Flat-bed

–              Negative/slide

–              Hand held

§  Kamera digital

Menggunakan memori digital yang tersimpan di dalam kamera yang dicetak dalam film dan gambar yang ditangkap ditransfer ke dalam komputer melalui kabel. Salah satu jenis tipe kamera adalah Camcoder atau PC webcam yang merupakan produk rumahan dengan resolusi rendah.

o   Hardware untuk menggambar / mengedit image

§  Graphics / digitizer tablet pen

Ditujukan untuk menggambar oleh para digital artis dengan sensitivitas yang tinggi (touch screen) dan dapat menggunakan mouse untuk membantu menggambar dengan hasil yang bagus.

Bekerja dengan grafis harus mempertimbangkan pedoman – pedoman sebagai berikut :

–      Pilihlah grafis yang sesuai dengan pekerjaan Anda

–      Pilihlah software yang sesuai

–      Gunakan kedalaman warna minimum

h.      Jenis dan kegunaan grafis secara efektif

Garis adalah representasi gambar grafis dari benda-benda fisik.

Ada 3 macam gambar garis:

–              Isometric : merupakan objek 3-D tanpa perspektif realistis

–              Ortografik : adalah representasi 2-D dari obyek

–              Perspektif : merupakan objek dalam bentuk yang paling realistis

            Grafik dan Tabel

Hanya dalam sekejap, grafik dapat menyediakan data spesifik, menunjukkan kecenderungan umum data atau menggambarkan hubungan antara data yang ada dan  data yang baru.

Diagram

Membantu pengguna konsep proses, aliran atau keterkaitan. Contoh diagram meliputi: diagram flow, skematis gambar dan diagram blok.

i.        Kelebihan dan kekurangan menggunakan Image

Kelebihan

–              Menyampaikan banyak informasi secara cepat

–              Dapat menambahkan simulasi visual dan warna

–              Dapat berkomunikasi lintas batas bahasa

–              Meningkatkan media lainnya

Kekurangan

–              Tidak memberikan penjelasan secara mendalam

–              Grafik jarang digunakan untuk menyampaikan seluruh pesan dalam pengaturan bisnis, teknis atau keselamatan

–              Dapat disalahartikan

–              Grafik harus digunakan dengan hati-hati untuk memastikan agar pesan tidak ambigu atau cryptic

Link : http://intstring.blogspot.com/2013/07/image.html

1 komentar: