Sabtu, 15 Maret 2014

Teks dan Hyperteks

TEKS
 Teks merupakan media dasar untuk banyak sistem multimedia, teks itu berupa dalam bentuk kata, kalimat,dan paragraf yang digunakan untuk mengomunikasikan pikiran, ide dan fakta di dalam semua aspek kehidupan. Teks itu terbagi dalam beberapa bagian, yaitu yang pertama huruf, kata, kalimat, paragraf, bab, dan skripsi.

HURUF -> KATA -> KALIMAT -> PARAGRAF -> BAB -> SKRIPSI

Didalam Multimedia, produk - produk multimedia banyak bergantung terhadap teks yang berguna untuk menjelaskan bagaimana aplikasi berjalan, memandu pengguna saat memakai aplikasi, dan menginformasikan bagaimana aplikasi di design.

Dasar dari teks sendiri adalah karakter, seperti alphabet, angka, dan karakter khusus, serta termasuk juga icon khusus, simbol matematik, dan tulisan yunani.

Kategori dari element teks itu meliputi :
  1. Alphabet : A - Z
  2. Numeric ( angka ) : 0 - 9
  3. Karakter Khusus : Pucntuation [ .  ,  :  ;  '  ''  ...]    Sign atau Simbol [  ! @ # $ % & * ]

 Didalam teks, terdapat Typefaces, Fonts, dan Points.
Typefaces ( Tipografi ) merupakan element dari komputer grafik yang menyertakan karakter dengan banyak jenis dan ukuran. Sedangkan Fonts dan Points merupakan ukuran tertentu dati Typefaces. Ukurannya diukur dalam satuan points = 1/72" atau 0.0138 inc".

Anatomi dari Fonts


Efek dari Font
Efek dari Font itu merupakan sejumlah efek yang berguna untuk memberikan perhatian/fokus pembacaan bagi pengguna pada suatu konten multimedia. Contoh nya :
  • UPPER CASE dan lower letter
  • BOLD, Italic, Underline
  • Superscript (contohnya seperti kuadrat, letaknya diatas kalimat), Subscript (letaknya dibawah kalimat)
  • Colours   
  • Equalize character height, dimana semua font berukuran sama / tinggi yang sama walaupun font nya berbeda (capslock atau tidak) 
  • Embossed or Shadow
  •  4L4y cH4r4c73r
 Dari efek, kita akan membahas jenis font.
Font memiliki dua kelas utama font yaitu Serif dan Sans Serif. Serif Fonts terdapat dekorasi pada bagian ujung dari setiap font yang dimana Sans Serif tidak memilikinya. Serif Fonts biasanya digunakan dalam dokumen yang dicetak atau keperluan informasi dalam bentuk hardcopy. Sans Serif Fonts banyak digunakan untuk tampilan didalam layar monitor karena memberikan kontras yang lebih baik.


Didalam komputer, terdapat beberapa jenis font, yaitu :
  • Post Script : penggambaran font dengan metode konstruksi matematis
  • Adobe Type Manager : Font yang dibuat dan dikembangkan oleh Adobe
  • True Type Font : Font standard yang dikembangkan oleh Apple dan Microsoft
  • True Type Convertion
  • Open Type Font
Sekarang kita akan membahas Tracking, Kerning, dan Leading

Tracking
merujuk pada Uniform Spacing antara semua huruf dalam kelompok teks. Dengan meningkatkan pelacakan dalam satu kata, baris teks, atau paragraf, desainer dapat membuat elemen lebih terbuka dan lapang.


Kerning
Kerning adalah penyesuaian ruang antara dua huruf tertentu. Tujuan dari kerning adalah untuk menciptakan irama yang konsisten ruang dalam kelompok huruf dan menciptakan penampilan bahkan jarak antara huruf.
  
Leading
Leading adalah jarak antara baseline dalam paragraf





Setelah itu kita membahas Jaggies dan Antialiasing.

Jaggies
adalah bagian sisi/teppi yang kasar ketika menggambar bitmap  diperbesar sampai ukurannya maksimum. Juga merupakan konsekuesi dari piksel pembentuka gambar bitmap.




Antialiasing
adalah tekink yang digunakan untuk menguranig / menghilangkan jaggies. Juga merupakan penambahan piksel dengan warna yang lebih muda dari warna font utama dan bercampur dengan warna latar. Juga dapat memanipulasi mata ketika melihat, seolah - olah merupakan garis yang halus / lurus.

Selanjutnya, File Data Teks



Encoding yang digunakan untuk menampilkan teks  didalam komputer meliputi :
  • Plain Teks ( ASCII, Unicode ) : Teks dangen format elektronik yang dapat dibaca dan diinterprestasikan secara langsung oleh manusia.
  • Rich Teks : Hampir sama dengan plain, tetapi memerlukan karakter khusus yang terintegrasi untuk menyediakan tambahan fitur.
  • Hyperteks : pengembangan dari rich teks yang mengijinkan user untuk menuju bagian lain dari sebuah dokumen.








Kemudian, HyperTeks dan HyperMedia.

HyperTeks adalah dokumen yang berdasarkan teks dengan penambahan data statik seperti gambar dan tabel. Terdiri dari rangkain node, dan dihubungkan melalui link yang dapat dikunjungi oleh user.

HyperMedia adalah tipe data multimedia yang tersimpan dalam struktur jaringan hyperteks. Setiap node merupakan sebuah presentasi dan user dapat berpindah dan bernavigasi.

Setelah itu, Bekerja dengan Teks

Pedoman saat bekerja dengan teks :
  • Singkat dan jelas
  • Gunakan tipografi dan font yang tepat
  • Mudah dibaca dan dipahami
  • Pertimbangkan jenis gaya dan warna
  • Penggunaan yang konsisten
Jika dalam jumlah besar teks akan ditampilkan, kita dapat menguranginya dengan menggunakan animasi, video, dan narasi, menampilkan preview, hyperlink, pop-up, scroll bar, menu drop-down.

Teks dapat digunakan secara efektif dalam mengkomunikasikan data, menjelaskan konsep dan ide, serta memperjelas media yang lain.

Kelebihan dan Kekurangan dalam menggunakan teks :

Kelebihan :
  • Relatif murah
  • Menggambarkan ide lebih kreatif
  • Menjelaskan media yang lain
  • Kerahasiaan terjaga
  • Mudah diganti
Kelemahan :
  • Kurang diingat dibandingkan media visual
  • Memerlukan perhatian yang lebih
  • Dapat terjadi ambiguitas

2 komentar: