Blender adalah free dan open source komputer grafis produk
software 3D yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, seni, model
dicetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan video game. Fitur Blender termasuk pemodelan
3D, unwrapping UV, texturing, rigging dan skinning, fluid dan smoke simulation,
particle simulation, sofft body simulation, sculpting, animating, match moving,
camera, rendering, video editin dan compositing. Bersamaan dengan fitur modeling
juga memiliki mesin permainan yang terintegrasi.
Versi resmi dari perangkat lunak yang dirilis untuk Linux , Mac
OS X , Microsoft Windows, dan FreeBSD di kedua 32 dan 64 bit . Meskipun sering
didistribusikan tanpa contoh ekstensif adegan ditemukan di beberapa program
lain , perangkat lunak berisi fitur yang merupakan ciri khas dari high-end
software 3D . Di antara kemampuan adalah :
-
Dukungan untuk berbagai primitif geometris ,
termasuk poligon meshes, fast subdivision surface modeling , NURBS surface ,
metaballs , multi- res digital sculpting ( termasuk topologi dinamis , maps
baking , remeshing ,resymetrize , decimation .. ) , outline font, dan sistem Pemodelan - n gon baru yang disebut B – mesh.
-
Internal render engine dengan scanline ray
tracing ,pencahayaan tidak langsung , dan oklusi ambien
yang dapat mengekspor dalam berbagai format .
Sebuah pathtracer render machine disebut Siklus
, yang dapat mengambil keuntungan dari GPU untuk rendering.
Siklus mendukung Open Shading Language sejak
blender 2.65.
-
Integrasi dengan sejumlah eksternal membuat
mesin melalui plugin .
-
Alat animasi keyframed termasuk invers
kinematika , armature ( kerangka ) , hook , kurva dan deformasi berbasis kisi ,
key shapes ( morphing ) , animasi non - linear , constraints , dan vertex
weighting .
- Alat simulasi untuk Soft Body Dynamics termasuk
mesh collision detection , dinamika fluida LBM ,smoke simulation , Bullet rigid body dynamics , ocean
generator dengan wave.
-
Sebuah sistem partikel yang meliputi dukungan
untuk particle-based hair .
-
Pengubah untuk menerapkan efek non - destruktif
.
-
Python scripting untuk penciptaan alat dan
prototyping , logika permainan , mengimpor dan / atau mengekspor dari format
lain , task automation dan custom tools.
-
Video non - linear / editing audio dasar.
-
Blender
Game Engine , sebuah sub - proyek , menawarkan fitur interaktivitas seperti
collision detection , dynamics engine , dan programmable logic . Hal ini juga
memungkinkan penciptaan berdiri sendiri , aplikasi real-time mulai dari
visualisasi arsitektur untuk konstruksi video game.
-
Sebuah
compositor simpul berbasis sepenuhnya terintegrasi dalam pipa rendering
dipercepat dengan OpenCL
-
Prosedural dan node-based texture, serta lukisan
tekstur , lukisan proyektif , vertex painting , weight painting dan dynamic
painting.
-
Realtime Control selama physics simulation dan rendering.
-
Camera dan objek tracking.
User Interface
User interface Blender menggabungkan konsep berikut :
Editing Modes
Dua mode utama dari
kerja adalah mode Obyek dan Edit Mode , yang di-toggle dengan tombol Tab .
Modus objek digunakan untuk memanipulasi objek individu sebagai satu unit ,
sementara mode Edit digunakan untuk memanipulasi data objek yang sebenarnya .
Sebagai contoh, Modus Obyek dapat digunakan untuk bergerak , skala , dan memutar
seluruh jerat poligon , dan Edit Mode dapat digunakan untuk memanipulasi
individual vertices of a single mesh . Ada juga beberapa mode lain, seperti
Vertex Paint, Weight Paint, dan Sculpt Mode.
Hotkey Utilization
Sebagian besar perintah dapat diakses melalui hotkeys . Ada
juga comprehensive GUI menus .
Numerik Input
Numeric button dapat " didrag " untuk mengubah
nilai mereka secara langsung tanpa perlu bertujuan widget tertentu , serta yang
diatur menggunakan keyboard . Kedua slider dan tombol angka dapat dibatasi
untuk berbagai ukuran langkah dengan pengubah seperti Ctrl dan tombol Shift.
Ekspresi Python juga dapat diketik langsung ke kolom entri nomor , memungkinkan
ekspresi matematika untuk menentukan nilai.
Workspace Management
Blender GUI membangun sistem sendiri ( non - overlapping )
windowing di atas satu atau beberapa jendela yang disediakan oleh platform yang
mendasari . Satu jendela Platform (sering berukuran untuk mengisi layar )
dibagi menjadi beberapa bagian dan subbagian yang dapat dari setiap jenis
pandangan Blender atau jendela - jenis . Pengguna dapat menentukan beberapa
layout dari jendela Blender tersebut , yang disebut layar , dan beralih cepat
di antara mereka dengan memilih dari menu atau dengan cara pintas keyboard .
Setiap elemen GUI jendela-jenis sendiri dapat dikontrol dengan alat yang sama
yang memanipulasi tampilan 3D . Sebagai contoh, seseorang dapat memperbesar dan
keluar dari GUI - tombol menggunakan kontrol yang sama satu memperbesar dan keluar
di viewport 3D . GUI viewport dan layar tata letak sepenuhnya user- disesuaikan
. Hal ini dimungkinkan untuk mengatur antarmuka untuk tugas-tugas tertentu seperti
editing video atau pemetaan UV atau texturing dengan menyembunyikan fitur yang
tidak digunakan untuk tugas tersebut .
File Format
Blender fitur sistem file internal yang dapat pak beberapa
adegan ke dalam satu file ( disebut " . blend " file ) .Semua Blender
" .blend " file yang maju, mundur , dan cross-platform yang
kompatibel dengan versi lain dari Blender , dengan pengecualian berikut :
Memuat animasi disimpan dalam pasca -2.5 file dalam Blender
pra -2.5 . Hal ini disebabkan subsistem animasi ulang diperkenalkan di Blender
2.5 yang inheren kompatibel dengan versi lama.
Memuat mesh disimpan di pos 2.63 . Hal ini disebabkan
pengenalan BMesh , lebih fleksibel Format / featureful mesh.
Semua adegan , benda
, bahan , tekstur , suara , gambar , efek pasca-produksi untuk seluruh animasi
dapat disimpan dalam satu " .blend " file . Data diambil dari
sumber-sumber eksternal , seperti gambar dan suara , juga dapat disimpan secara
eksternal dan direferensikan baik melalui nama path absolut atau relatif.
Demikian juga , " .blend " file sendiri juga dapat digunakan sebagai
perpustakaan aset Blender .
Konfigurasi
antarmuka dipertahankan dalam " .blend " File .
Berbagai macam script impor / ekspor yang memperluas
kemampuan Blender ( mengakses data objek melalui API internal) memungkinkan
untuk antar - beroperasi dengan alat 3D lainnya .
Blender mengatur data sebagai berbagai jenis " data
blocks" , seperti Objects , Meshes , Lamps , Scenes , Materials , Images
dan sebagainya . Sebuah objek di Blender terdiri dari beberapa blok data -
misalnya , apa yang pengguna akan menggambarkan sebagai mesh poligon terdiri
dari setidaknya Obyek dan sebuah blok data Mesh , dan biasanya juga Material
dan banyak lagi , terkait bersama-sama . Hal ini memungkinkan berbagai blok
data untuk merujuk kepada satu sama lain . Mungkin ada , misalnya , beberapa
Objek yang mengacu pada Mesh yang sama , dan membuat editing selanjutnya dari
hasil jala bersama dalam perubahan bentuk dalam semua Objects menggunakan Mesh
ini . Objects , meshes , materials , tekstur dll juga dapat link dari lainnya .
Berbaur file , yang adalah apa yang memungkinkan penggunaan .blend file sebagai
sumber daya library dapat digunakan kembali .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar