Sabtu, 22 Maret 2014

Blender

Blender adalah free dan open source komputer grafis produk software 3D yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, seni, model dicetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan video game. Fitur Blender termasuk pemodelan 3D, unwrapping UV, texturing, rigging dan skinning, fluid dan smoke simulation, particle simulation, sofft body simulation, sculpting, animating, match moving, camera, rendering, video editin dan compositing. Bersamaan dengan fitur modeling juga memiliki mesin permainan yang terintegrasi.

Versi resmi dari perangkat lunak yang dirilis untuk Linux , Mac OS X , Microsoft Windows, dan FreeBSD di kedua 32 dan 64 bit . Meskipun sering didistribusikan tanpa contoh ekstensif adegan ditemukan di beberapa program lain , perangkat lunak berisi fitur yang merupakan ciri khas dari high-end software 3D . Di antara kemampuan adalah :
-         
          Dukungan untuk berbagai primitif geometris , termasuk poligon meshes, fast subdivision surface modeling , NURBS surface , metaballs , multi- res digital sculpting ( termasuk topologi dinamis , maps baking , remeshing ,resymetrize , decimation .. ) , outline font, dan sistem Pemodelan - n gon baru yang disebut B – mesh.
-          
         Internal render engine dengan scanline ray tracing ,pencahayaan tidak langsung , dan oklusi ambien yang dapat mengekspor dalam berbagai format .
   
     Sebuah pathtracer render machine disebut Siklus , yang dapat mengambil keuntungan dari GPU untuk rendering. 

     Siklus mendukung Open Shading Language sejak blender 2.65.
-          
       Integrasi dengan sejumlah eksternal membuat mesin melalui plugin .
-        
       Alat animasi keyframed termasuk invers kinematika , armature ( kerangka ) , hook , kurva dan deformasi berbasis kisi , key shapes ( morphing ) , animasi non - linear , constraints , dan vertex weighting .

-     Alat simulasi untuk Soft Body Dynamics termasuk mesh collision detection , dinamika fluida LBM ,smoke simulation  , Bullet rigid body dynamics , ocean generator dengan wave.
-          
       Sebuah sistem partikel yang meliputi dukungan untuk particle-based hair .
-        
       Pengubah untuk menerapkan efek non - destruktif .
-         
      Python scripting untuk penciptaan alat dan prototyping , logika permainan , mengimpor dan / atau mengekspor dari format lain , task automation dan custom tools.
-          
      Video non - linear / editing audio dasar.
-           
    Blender Game Engine , sebuah sub - proyek , menawarkan fitur interaktivitas seperti collision detection , dynamics engine , dan programmable logic . Hal ini juga memungkinkan penciptaan berdiri sendiri , aplikasi real-time mulai dari visualisasi arsitektur untuk konstruksi video game.
-           

   Sebuah compositor simpul berbasis sepenuhnya terintegrasi dalam pipa rendering dipercepat dengan OpenCL
-         
      Prosedural dan node-based texture, serta lukisan tekstur , lukisan proyektif , vertex painting , weight painting dan dynamic painting.
-         
      Realtime Control selama physics simulation dan rendering.
-         
      Camera dan objek tracking.

User Interface

User interface Blender menggabungkan konsep berikut :

Editing Modes
 Dua mode utama dari kerja adalah mode Obyek dan Edit Mode , yang di-toggle dengan tombol Tab . Modus objek digunakan untuk memanipulasi objek individu sebagai satu unit , sementara mode Edit digunakan untuk memanipulasi data objek yang sebenarnya . Sebagai contoh, Modus Obyek dapat digunakan untuk bergerak , skala , dan memutar seluruh jerat poligon , dan Edit Mode dapat digunakan untuk memanipulasi individual vertices of a single mesh . Ada juga beberapa mode lain, seperti Vertex Paint, Weight Paint, dan Sculpt Mode.

Hotkey Utilization
Sebagian besar perintah dapat diakses melalui hotkeys . Ada juga comprehensive GUI menus .

Numerik Input
Numeric button dapat " didrag " untuk mengubah nilai mereka secara langsung tanpa perlu bertujuan widget tertentu , serta yang diatur menggunakan keyboard . Kedua slider dan tombol angka dapat dibatasi untuk berbagai ukuran langkah dengan pengubah seperti Ctrl dan tombol Shift. Ekspresi Python juga dapat diketik langsung ke kolom entri nomor , memungkinkan ekspresi matematika untuk menentukan nilai.

Workspace Management
Blender GUI membangun sistem sendiri ( non - overlapping ) windowing di atas satu atau beberapa jendela yang disediakan oleh platform yang mendasari . Satu jendela Platform (sering berukuran untuk mengisi layar ) dibagi menjadi beberapa bagian dan subbagian yang dapat dari setiap jenis pandangan Blender atau jendela - jenis . Pengguna dapat menentukan beberapa layout dari jendela Blender tersebut , yang disebut layar , dan beralih cepat di antara mereka dengan memilih dari menu atau dengan cara pintas keyboard . 

Setiap elemen GUI jendela-jenis sendiri dapat dikontrol dengan alat yang sama yang memanipulasi tampilan 3D . Sebagai contoh, seseorang dapat memperbesar dan keluar dari GUI - tombol menggunakan kontrol yang sama satu memperbesar dan keluar di viewport 3D . GUI viewport dan layar tata letak sepenuhnya user- disesuaikan . Hal ini dimungkinkan untuk mengatur antarmuka untuk tugas-tugas tertentu seperti editing video atau pemetaan UV atau texturing dengan menyembunyikan fitur yang tidak digunakan untuk tugas tersebut .

File Format

Blender fitur sistem file internal yang dapat pak beberapa adegan ke dalam satu file ( disebut " . blend " file ) .Semua Blender " .blend " file yang maju, mundur , dan cross-platform yang kompatibel dengan versi lain dari Blender , dengan pengecualian berikut :
Memuat animasi disimpan dalam pasca -2.5 file dalam Blender pra -2.5 . Hal ini disebabkan subsistem animasi ulang diperkenalkan di Blender 2.5 yang inheren kompatibel dengan versi lama.
Memuat mesh disimpan di pos 2.63 . Hal ini disebabkan pengenalan BMesh , lebih fleksibel Format / featureful mesh.

 Semua adegan , benda , bahan , tekstur , suara , gambar , efek pasca-produksi untuk seluruh animasi dapat disimpan dalam satu " .blend " file . Data diambil dari sumber-sumber eksternal , seperti gambar dan suara , juga dapat disimpan secara eksternal dan direferensikan baik melalui nama path absolut atau relatif. Demikian juga , " .blend " file sendiri juga dapat digunakan sebagai perpustakaan aset Blender .

    Konfigurasi antarmuka dipertahankan dalam " .blend " File .

Berbagai macam script impor / ekspor yang memperluas kemampuan Blender ( mengakses data objek melalui API internal) memungkinkan untuk antar - beroperasi dengan alat 3D lainnya .
Blender mengatur data sebagai berbagai jenis " data blocks" , seperti Objects , Meshes , Lamps , Scenes , Materials , Images dan sebagainya . Sebuah objek di Blender terdiri dari beberapa blok data - misalnya , apa yang pengguna akan menggambarkan sebagai mesh poligon terdiri dari setidaknya Obyek dan sebuah blok data Mesh , dan biasanya juga Material dan banyak lagi , terkait bersama-sama . Hal ini memungkinkan berbagai blok data untuk merujuk kepada satu sama lain . Mungkin ada , misalnya , beberapa Objek yang mengacu pada Mesh yang sama , dan membuat editing selanjutnya dari hasil jala bersama dalam perubahan bentuk dalam semua Objects menggunakan Mesh ini . Objects , meshes , materials , tekstur dll juga dapat link dari lainnya . Berbaur file , yang adalah apa yang memungkinkan penggunaan .blend file sebagai sumber daya library dapat digunakan kembali .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar