Jumat, 28 Februari 2014

Travelling... (Tips ama Trick)


  Jalan-jalan atau traveling memang sangat seru,karna kita bisa ke beberapa tempat bagus.Selain itu kita juga dapat pengalaman yang tak akan terlupakan pastinya.Tapi kalo jalan-jalan pun membutuhkan strategi atau rancangan agar jalan-jalan kita bisa menjadi lebih aman.Riset sebelum berpergian juga bisa meminimalisir terjadinya kesulitan ditempat tujuan.Berbagai ketidakpastian yang bisa dihadapi diperjalanan menuntut traveler untuk fleksibel.Gerak cepat agar liburan tidak terbuang percuma.Disini,gue pengen ngasih  beberapa tips-tips dan trik untuk jalan-jalan.Yah,walaupun gue belom terlalu sering jalan-jalan tapi gak ada salahnya juga gue ngebagi tips. :D



Kesehatan,itu jadi salah satu faktor yang sangat - sangat penting,karna kalo lo jalan-jalan itu butuh stamina dan energi.Apalagi kondisi disuatu tempat itu tidak selalu sama.Entah itu terlalu dingin atau terlalu panas dll.Beberapa tips kesehatan buat kalian yang ingin jalan-jalan:
1.Jaga kesehatan sehari-hari.Olah raga bisa menjadi salah satu faktor biar kalian bisa bugar. (nge-gym cuy...)
2.Saat traveling kalian wajib bawa vitamin. Setidaknya kebutuhan tubuh lo akan vitamin masih terpenuhi dan juga buat badan lo bisa sedikit bugar dengan adanya vitamin tersebut.
3.Makan makanan yang dimasak saat itu juga (yang panas).Bukan berarti pas dipenggorengan kalian langsung makan.Kalo lo ragu sama makanan dipinggiran jalan,hindari aja cuy, daripada lo sakit.
4.Time management itu penting.Jangan sampai terlalu excited sampai kurang tidur dan malah cranky keesokan harinya (cape, lemah, lesu).Sebisa mungkin tidur tepat waktu,terus kalo tidur jangan lama-lama.Ntar ga jadi jalan - jalan cuy.
5.Selalu relax.Berpikiran positif, jangan berpikiran negatif.
Nah itu beberapa tips kesehatan.Hati-hati kalo lo kurang sehat tapi masih pengen terus jalan-jalan,bisa-bisa kalian malah tepar dijalan.Tapi hati - hati aja.


Untuk bawa barang bawaan.Jangan sampe lo lupa bawa barang-barang apa saja yang lo butuhkan pada saat berpergian ke suatu tempat (terutama CD cuy...) .Karna itu bakal bikin lo repot sehingga terkadang membuat lo kesal sendiri.Beberapa tips untuk barang bawaan
1.Hitung  berapa lama kalian akan pergi.Bawalah baju sesuai kebutuhan termasuk saat perjalanan.
2.Baca dengan detail itenerary lo,cek apakan ada aktifitas-aktifitas yang berhubungan dengan air.Kalo ada bawalah pakaian-pakaian yang cihuy buat lo basah-basahan.
3.Pake pakian yang bikin lo nyaman pada saat perjalanan.
4.Ketahuilah suhu tempat yang mau dikunjungi,supaya kalian tau harus membawa jaket atau tidak.
5.Bawa obat-obatan bagi lo yang mempunyai beberap penyakit agar saat darurat bisa kalian gunakan.
6.Jangan membawa barang yang tidak diperlukan.Cukup fokus dengan apa yang dibutuhkan kalian
7.Jangan lupa handuk,ya kali aja tempat nginap tidak menyediakan handuk.
8.Gunakan tas yang mampu menampung barang bawaan yang sesuai.Kalo barang bawaan lo banyak,lo mesti dah tuh pake tas yang berukuran jumbo



  Keamanan,nah kalo itu hal yang perlu diperhatikan banget tuh.Karna kita tidak tau gimanakondisi ditempat itu.Nih beberapa tipsnya
1.Jangan gunakan pakaian yang terlalu mencolok.Hati-hati itu hanya akan membuat lo jadi idaman mas mas copet.
2.Jangan sengaja berpergian ketempat yang tidak aman.Biasanya tempat kaya begituan copetnya dimana-mana.
3.Ikutin insting,kalo emang tempatnya sepi ataupun gelap.Tinggalin dah,mendingan lo cari amannya aja.
4.Kalo lagi kebingungan jangan keluarin tampang orang kebingungan ataupun dan membuka peta ditengah jalan.Lebih baik tanya sama orang pinter (bukan dukun) atau yang tau daerahnya kaya polisi atau resepsionis.
5.Tempatkan uang kalian ditempat yang berbeda-beda,seperti dikantong celana,tas,ataupun dikepala ketika hendak memakai topi (kalo mau lebih safety lagi, taro dah tu duit di sepatu...).
6.Jangan keluarkan barang bagus yang lo punya di tempat keramaian.Itu  akan mengundang nafsu para pencopet yang ada disekitar lo.
7.Untuk para wanita,kesan maskulin biasanya akan membuat orang akan menjadi lebih segan.Jangan berpenampilan terlalu modis kalo mau jalan-jalan,mendingan berpakaian biasa aja.
8.Untuk jalan-jalan keluar negri bawalah mata uang dari negara tersebut agar lebih gampang melakuan aktivitas jual beli dan aktivitas lainnya.
Itu tips agar membuat kalian lebih aman pada saat pejalanan.


Nih Tips buat yang memiliki budget yang terbatas,ada tipsnya juga cuy..
1.Coba kalian berpergian ke negara tetangga(bagi yang ingin pergi keluar negri).Contohnya vietnam,kehidupan disana lebih murah dibandingkan kehidupan dijakarta.Tapi diindonesia masih banyak juga ko tempat bepergian yang hanya mengeluarkan budget sedikit dan diindonesia pun tempatnya tidak kalah bagus dengan luar negri (pilih aja cuy..).
2.Sering-sering berburu tiket promo dari maskapai (sangat disarankan...).
3.Biasakan naik kendaraan umum agar lebih murah dan gak bikin kanker (kantong kering).
4.Jangan membawa barang yang terelalu banyak biar kaga terlalu melelahkan.

Itu lah beberapa tips dari gue buat jalan - jalan. Mudah - mudahan aja ngebantu... 


LINK : http://nonadita.com/2012/02/24/catatan-dari-travel-tips-trick-talkshow/
             Gambar : dari google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar